Pages

Followers

Visitor

Try this :p

Powered by Blogger.

Date and Time

♫ The Music In Me ♫

╔══╗ ♫ ♥ ♫
║██║ ♥ ♫ ♥
║(0)║
╚══╝
█ ▄ █ ▄ ▄ █ ▄ █ ▄ █

► SNSD - Forever
B2ST - Though I Call

It's Me~

It's Me~

Candid ! :p

Candid ! :p
d foto ma Jess wktu sibuk kerja akun >,<

Daily Bible

IU - 미리 메리 크리스마스 (Merry Christmas in Advance)

Sunday, January 23, 2011

Penyebab Cepat Lapar

Heran deh, baru beberapa menit lalu makan, tapi kok udah merasa lapar. Kok iso?

Pernah merasakan hal yang sama? Sudah bisa ditebak, sebagian besar di antara Anda pernah merasakannya. Alhasil, Anda ngemil ini itu dan angka di timbangan melonjak sekejap karena 'kebiasaan lapar' tersebut.

Usut punya usut, rasa lapar itu tak muncul tiba-tiba, namun ada penyebabnya. Benarkah Anda masih lapar?
Dengan jujur, kami katakan TIDAK! Karena berikut alasan Anda 'mengira' masih lapar:

Tidak cukup tidur
Saat tubuh lelah dan tak cukup tidur, maka tubuh akan kekurangan energi, dan leptin - suatu hormon yang mengontrol nafsu makan, meningkat drastis jumlahnya. Menurut Karen Ansel, RD, seorang ahli diet dari Amerika, seperti dikutip dari Womansday, hormon ini kemudian membuat pikiran jadi cepat lapar.

Tubuh sebenarnya sudah cukup kenyang, namun pikiran seperti tak pernah kenyang. Alhasil, karena pikiran belum memerintahkan untuk berhenti makan, maka kita akan mencari camilan atau makanan yang membuat kita merasa benar-benar kenyang.

Efek samping obat

Beberapa obat yang Anda konsumsi, memiliki efek samping mudah lapar. Obat tersebut akan memicu rasa lapar lebih cepat datang, misalnya seperti obat-obatan antibiotik, obat flu, obat jerawat dan beberapa obat lainnya. Ahli nutrisi Milton Stokes, RD menyarankan agar Anda mengunyah permen karet atau menyikat gigi setelah minum obat agar Anda tidak makan berlebihan karena 'berpikir masih lapar'.

Haus atau dehidrasi
Terkadang memang kita salah mengartikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama jika kita adalah orang yang tidak terlalu suka minum air putih. Tubuh kita haus, namun kita mengartikannya dengan 'masih lapar', alhasil kita akan makan... makan... dan makan lagi.

Baru saja berolahraga
Biasanya setelah berolahraga cukup keras, Anda akan merasa lapar. Ini wajar saja, karena tubuh baru saja membakar kalori. Namun, seperti disarankan para pelatih fitness, usahakan agar tidak langsung makan setelah latihan, walaupun Anda merasa sangat lapar. Setidaknya, jika memang Anda ingin makan, lakukan 2 jam setelah latihan, dan tetap perhatikan menu makanan Anda.

Terlalu terburu-buru
Makan terlalu terburu-buru akan membuat Anda cepat lapar. Pencernaan membutuhkan proses yang cukup lama untuk menyerap semua nutrisi, sehingga lebih bijaksana jika Anda mengunyah 30 kali dan menikmati setiap menu makan Anda agar nutrisi dapat terserap oleh tubuh secara maksimal.

Lingkungan
Gara-gara teman di sebelah suka ngemil, Anda jadi tergoda untuk ikutan ngemil. Inilah yang seringkali terjadi di lingkungan Anda. Terutama jika Anda adalah pekerja kantor yang sehari-hari duduk di meja dan bertugas menyelesaikan pekerjaan dari belakang meja saja. Sudah bisa dibayangkan, jika selalu ada toples-toples gula-gula atau kue di atas meja, dengan dalih mengusir kebosanan.

Stress
Memang tidak semua orang yang dalam keadaan stres, mudah merasa lapar. Namun kebanyakan orang mengaku saat stres, mereka ingin makan lagi dan lagi untuk melampiaskan kekesalan dan tekanan yang ada di dalam diri mereka.

Mencium bau makanan
Penasaran mengapa toko roti kebanyakan dibuat dengan style open kitchen? Untuk apalagi jika bukan untuk membiarkan aroma kelezatan roti menyebarluas ke mana-mana, sehingga mereka yang lewat di depannya tergoda untuk membeli roti yang mereka jual.

Dan memang aroma tersebut sangat mudah mempengaruhi rasa lapar. Membuat Anda yang tadi sudah menyantap semangkuk penuh mie, membeli roti yang menggoda dan membiarkannya semakin menyesaki perut Anda.

Terlalu banyak minum minuman beralkohol
Alkohol membuat tubuh dehidrasi, dan celakanya dehidrasi itu justru kita terjemahkan sebagai rasa lapar. Alhasil, Anda pun makan dengan semangat. Dan ups... yeah, jackpot tak terhindar lagi. Selalu ingat, jika memang Anda habis 'party' dan menenggak cukup banyak alkohol, minumlah air mineral untuk meredakan dehidrasi di dalam tubuh.

Ingin ngemil
Ya, masing-masing orang punya kebiasaan ingin ngemil. Namun sayangnya banyak orang memilih camilan tidak sehat yang terlalu banyak mengandung kalori. Akibatnya tentu tak baik untuk tubuh. Dan sangat disarankan, jika Anda punya kebiasaan ngemil, pilih camilan sehat, atau setidaknya cukupi dengan buah, ice cream atau yogurt.

0 comments:

Post a Comment

 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Scrapping elementos: Deliciouscraps©

 
Pink Transparent Star